Central Java, Indonesia mualimfarih@gmail.com 08-222-570-5720 hidden

Mengungkap fakta seputar manfaat dan bahaya tentang suatu hal

Thursday, February 25, 2016

Manfaat Sehat dari Membaca

Manfaat Sehat dari Membaca - Buku adalah jendela dunia. Dan membaca adalah sarana untuk membukanya. Dengan membaca, segala macam informasi bisa kita dapatkan. Wawasan jadi makin luas, tidak kuper tentang informasi terbaru. Tidak gaptek soal teknologi. Dan tentu saja, dengan membaca akan menambah pintar dan cerdas.

Namun sayang, banyak orang sering tidak memperhatikan kegiatan ini karena dianggap terlalu membosankan. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca ini. Selain makin pintar dan pengetahuan bertambah, membaca juga memberikan dampak yang baik baik kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan membaca ini dari sisi kesehatan? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Manfaat kesehatan dari membaca

Psikologi sosial

Sebuah study penelitian menyebutkan, adanya korelasi positif antara membaca dengan kemampuan seseorang dalam berinteraksi dalam orang lain. Orang uang suka membaca lebih mudah membaca situasi emosi seseorang dibandingkan dengan yang tidak suka membaca. Kemampuan seperti ini dapat mendukung hunbungan yang lebih sehat dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Tidur nyenyak

Anda tidak perlu membaca buku yang banyak teksnya agar lekas tertidur. Akan tetapi, cerita menarik dan penuh gambar pun sangat baik untuk menenangkan pikiran dari stress. Sehingga saat tidur tidak mengalami gangguan pikiran. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan, justru membaca buku yang menarik mampu mengalahkan aktifitas seperti mendengarkan launan music dan minum the. Membaca buku yang bagus lebih menenangkan dari kedua aktifitas tersebut.

Melatih otak

Seperti halnya olah raga atau gerak tubuh lainnya yang bisa memperkuat otot, membaca pun bisa memberikan pengaruh yang hampir sama. Seseorang yang suka membaca, ia akan terlatih untuk terus berpikir. Selaras dengan hal itu, sebuah study penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang suka membaca akan memiliki kecenderungan mental yang baik. Sehingga mempunyai kemampuan kognitif dibandingkan yang tidak suka membaca. Perlu dipahami pula, bahwa semakin sedikit seseorang melatih otaknya, maka semakin besar pula peluang otak menjadi lemak dan rentan akan serangan penyakit.

Sehat fisik

Informasi yang sering didapatkan dari membaca dapat merangsang seseorang untuk mengikutinya. Sehingga orang yang suka membaca cenderung memahami segala hal yang berkaitan dengan informasi, saran, nasehat, tips dan trik seputar cara menjaga kesehatan tubuh. Inilah mengapa orang yang suka membaca tampak lebih fresh meski lebih sering menatap buku.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, bukanlah soal Anda harus suka membaca. Tidak. Hanya sebagai tambahan motivasi agar kita lebih memilih aktifitas ini dibandingkan dengan melakukan aktifitas lainnya yang tidak perlu. Apalagi di zaman modern seperti sekarang. Media digital sangat banyak untuk bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi apapun, terkini dari seluruh penjuru dunia.

0 comments:

Post a Comment