Aneka Manfaat Garam Bagi Kesehatan

Aneka Manfaat Garam Bagi Kesehatan - Tidak dipungkiri, bahwa garam adalah salah satu bumbu dapur yang paling terkenal. Masakan apapun jika belum dicampur garam meski hanya sedikit, rasanya belum lengkap. Dan makanan akan terasa hambar bila belum diberi bumbu yang bernama kimia Natrium Klorida ini.

Rasanya wajar jika kemudian garam menjadi favorit bumbu masakan, karena ternyata garam ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beragam manfaat yang bisa didapatkan dari garam ini. Apa saja manfaat garam bagi kesehatan tubuh? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Aneka manfaat garam bagi kesehatan

#1. Diet alami

Garam dipercaya dapat menurunkan kandungan kortisol yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sealin itu dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa garam, dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak tersimpan dalam bentuk lemak, akan tetapi dalam wujud sumber energi.

#2. Menurunkan tingkat stress

Kadar hormon tiroid dapat ditingkatkan dengan garam ini. Sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya sekeresi hormon lain, seperti kortisol dan hormon stress.

#3. Mencegah diabetes

Garam dapat berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dengan sangat efektif. Selain itu juga dapat menstabilkan resistensi insulin yang dapat mencegah dari terjangkitnya penyakit diabetes.

#4. Memperlancar pencernaan

Garam dapat menetralisir kelebihan asam klorida di dalam tubuh. Sehingga tidak lagi mudah kembung di perut dan gastritis.

#5. Tidur lebih nyenyak

Seperti yang telah disampaikan bahwa garam dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu dapat mencegah munculnya reaksi sekresi hormon stress yang dapat membuat ketenangan dan lebih rileks.

#6. Menghangatkan tubuh

Jangan salah, ternyata garam juga dapat menghalau kedinginan dalam tubuh. Sebab garam bisa mencegah terjadinya sekresi adrenalin yang mudah mengalami rasa dingin menggigil dan jantung yang berdetak kencang.

#7. Mencegah asma dan alergi

Jika anda memiliki keluhan asma dan alergi di dalam lidah, coba percikkan air garam di dalam mulut. Niscaya lama-kelamaan keluhan tersebut akan hilang.

Dengan demikian, garam memiliki banyak manfaat. Akan tetapi tetap waspada apabila sampai kelebihan konsumsi garam yang dapat meningkatkan tekanan darah. Semoga ulasan mengenai manfaat garam bagi kesehatan tubuh ini dapat bermanfaat bagi kita. Terima kasih atas perhatiannya.